Breaking News

Rabu, 18 Mei 2016

Bersama Kesulitan Ada Kemudahan


Kesulitan memang selalu menghadang kita dalam berbagai aspek, itu merupakan diantara cobaan yang diberikan Allah swt oleh kita sebagai hamba. Dengan adanya cobaan kita dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Sang Maha Pencipta sekaligus mengukur tingkat keimanan kita. Tapi setelah datangnya kesulitan itu kita hendaknya bersabar dan berdoa kepada Allah swt. Jangan malah setelah datangnya kesulitan, kita malah menjadi seorang yang stress, depresi, galau ataupun bunuh diri. Allah swt telah menurunkan surat Al-Insyirah sebagai penenang hati bagi yang dilanda kesulitan. Didalamnya telah dijelaskan bahwa setelah datangnya kesulitan pasti ada kemudahan. Lebih lanjutnya silahkan disimak baik-baik dibawah ini.

A. Arti dan Maksud Surat Al-Insyirah
tulisan arab alquran surat al-insyirah ayat 1-8
1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?, 2. dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu, 3. yang memberatkan punggungmu*?4. dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu**, 5. karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, 6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain*, 8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (al-Insyiroh 1-8)
*       Yang dimaksud dengan beban di sini ialah kesusahan-kesusahan yang diderita Nabi Muhammad s.a.w. dalam menyampaikan risalah.
**  Meninggikan nama Nabi Muhammad s.a.w di sini Maksudnya ialah meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan nama Allah dalam kalimat syahadat, menjadikan taat kepada Nabi Termasuk taat kepada Allah dan lain-lain.
**    Maksudnya: sebagian ahli tafsir menafsirkan apabila kamu (Muhammad) telah selesai berdakwah Maka beribadatlah kepada Allah; apabila kamu telah selesai mengerjakan urusan dunia Maka kerjakanlah urusan akhirat, dan ada lagi yang mengatakan: apabila telah selesai mengerjakan shalat berdoalah.
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari al-Hasan bahwa ketika ayat ini (al-Insyiroh;6) turun, Rasulullah saw bersabda: “Bergembiralah kalian, karena akan datang kemudahan bagi kalian. Satu kesusahan tidak akan mengalahkan dua kemudahan.
Sumber: asbabunnuzul, KHQ.Shaleh dkk

B. Manfaat yang Dapat Diambil
1. Setelah Datangnya Kesulitan Pasti ada Kemudahan
Sesuai ayat diatas bahwa setelah datangnya kesulitan pasti ada kemudahan jadi kita sebagai hamba dapat lebih tenang jika diterpa berbagai masalah.

2. Akhir dari Kesusahan Adalah Kemudahan
Allah swt sudah mewahyukan kepada Nabi Muhammad saw bahwa diakhir kesusahan pasti ada kemudahan, Apapun yang datangnya dari Allah swt dan seorang Nabi pasti benar akan kebenarannya dan tidak ada keraguan didalamnya.

3. Bersama Kesulitan Ada Kemudahan Yang Dekat
Jangan pernah merasa terhimpit sejengkal pun, karena setiap keadaan pasti berubah. Betapapun, hari demi hari akan terus bergulir, tahun demi tahun akan selalu berganti, malam demi malam pun datang silih berganti. Selalu berprasangka baik atas ketentuan Allah terhadap diri kita, karena itulah yang terbaik. Setelah kita mengetahui berita gembira bagi orang yang mendapat kesulitan dan kesempitan, yaitu akan semakin dekat datangnya kemudahan, maka sikap yang wajib kita miliki ketika itu adalah bersabar dan terus bersabar. Artinya, ketika sulit, hati dan lisan tidak berkeluh kesah, begitu pula anggota badan menahan diri dari perilaku emosional yang menandakan tidak ridho dengan ketentuan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published By Abi Template - Support Abi Themes